Khasiat Akupuntur

Khasiat Akupuntur

Akupuntur adalah terapi kesehatan yang dilakukan dengan cara menusukan jarum berukuran kecil ke kulit pada titik titik tertentu pada tubuh. Selain dapat menghilangkan rasa sakit di tubuh, akupuntur juga mempunyai manfaat yang besar lainnya.

Akupuntur telah dilakukan ribuan tahun di Tiongkok dengan konsep kepercayaan bahwa akupuntur dapat melancarkan aliran energi (Qi). Bangsa China percaya bahwa segala macam penyakit bermula dari aliran energi (Qi) yang terhambat. Dengan melakukan akupuntur maka nantinya aliran energi (Qi) dapat mengalir dengan lancar dan segala macam penyakit dapat hilang nantinya.

Dalam dunia kedokteran akupuntur menstimulus jaringan syaraf di tubuh sehingga otak menghasilkan hormon endorfin yang menghasilkan sensasi nyaman, tenang, dan perasaan sakit yang mereda. Akupuntur dapat merangsang syaraf, otot dan jaringan ikat pada tubuh manusia.

Perlu diketahui bahwa jarum akupuntur harus dalam keadaan steril dan hanya bisa digunakan sekali saja dan tidak boleh digunakan secara berulang karena dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi dan penularan virus yang menyebabkan hepatitis.

Berikut beberapa khasiat akupuntur:

1. Membantu pemulihan pasca kemoterapi

Kemoterapi mempunyai efek samping yang nantinya dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti mual dan juga muntah. Dengan menggunakan akupuntur maka nantinya tubuh akan dapat mengatasi masalah tersebut.

Karena hal tersebutlah kini akupuntur telah banyak dikenal sebagai perawatan yang mendampingi pasien kanker. Namun melakukan akupuntur haruslah dilakukan dengan benar dan juga bersih sesuai dengan prosedur yang tepat karena kemoterapi menyebabkan imunitas seseorang menjadi menurun. Sehingga prosedur akupuntur yang kurang tepat pada pasien pasca kemoterapi justru dapat menyebabkan masalah kesehatan yang buruk.

 

2. Memperlambat penuaan kulit

Terapi akupuntur juga berkhasiat dalam mencegah penuaan dengan cara mengencangkan wajah pasca dilakukannya akupuntur. Akupuntur bahkan telah digunakan secara spesifik untuk tujuan ini yang disebut dengan akupuntur kosmetik yaitu dengan cara menusukan jarum halus pada bagian tertentu pada wajah, kepala dan juga leher.

Banyak orang yang telah menggunakan cara ini dan memperoleh khasiatnya. Meskipun demikian belum ada penelitian khusus mengenai akupuntur kosmetik ini.