Cara Membuat Arang Kayu Beserta Jenis-Jenis Arang

Cara Membuat Arang Kayu Beserta Jenis-Jenis Arang

Arang adalah residu hitam dari karbon tidak murni yang dapat diperoleh dengan menghilangkan kandungan air serta komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Jika diperhatikan, anda bisa menghasilkan arang saat memanaskan kayu, tulang, gula dan benda-benda lainnya.

Jika ingin membuat arang lebih mudah bisa gunakan alat pembuat briket atau mesin briket. Nah berikut ini cara membuat arang kayu beserta jenis jenis arang.

 

Cara Membuat Arang Kayu

  1. Tentukan tempat untuk menyalakan api. Anda dapat membuat api di halaman belakang atau menggunakan lokasi lain setelah terlebih dahulu meminta izin. Periksa aturan di sekitar Anda agar tidak merugikan.
  2. Siapkan tong logam. Gunakan drum ini untuk memuat kayu. Pilih ukuran drum berdasarkan kebutuhan Anda berdasarkan seberapa banyak arang yang ingin Anda buat. Pastikan tong Anda memiliki tutup tahan api agar tidak meleleh saat dibakar.
  3. Pilih kayu yang ingin Anda buat arangnya. Pilih kayu kering. Kayu ceri atau kayu ek, apa saja yang bisa Anda gunakan. Cari tahu apakah Anda memiliki seseorang yang menjual kayu atau membelinya dari toko lokal. Potong kayu menjadi potongan-potongan 4 inci.
  4. Isi drum dengan kayu kering. Isi drum sampai bagian atas dengan kayu kering, lalu tutup drum dengan rapat tetapi jangan sampai kedap udara.
  5. Bersiaplah untuk menyalakan api. Beli atau kumpulkan kayu untuk api yang bisa menyala selama 3-5 jam. Nyalakan api di lokasi pilihan Anda. Gali lubang di tengah untuk menempatkan drum. Pastikan drum ditutupi dengan kayu.
  6. Nyalakan api. Jika Anda menggunakan drum kayu besar, biarkan selama minimal 3 jam. Biarkan api menyala sampai mati dan mendingin sebelum mendekati drum.
  7. Simpan arang. Saat Anda membuka tutup drum, keluarkan dan gunakan untuk memasak berbagai makanan yang Anda suka.

 

Jenis-Jenis Arang

1. Arang Kayu

Jenis arang yang pertama terbuat dari kayu yang banyak berguna buat memeasak kebutuhan sehari hari. Manfaat lain arang untuk tanaman adalah dapat digunakan sebagai media tanam, media penjernih air, dan lain-lain.

2. Arang Serbuk Gergaji

Arang jenis ini terbuat dari serbuk gergaji yang dibuat dengan cara dibakar. Serbuk gergaji merupakan limbah produksi yang sebagian besar sudah jarang dimanfaatkan karena biasanya menjadi limbah produksi kayu.

Di pasaran, harga arang serbuk gergaji cukup murah. Arang serbuk gergaji biasanya berguna sebagai bahan bakar, atau bisa juga digunakan sebagai campuran pupuk atau dibuat menjadi briket arang.

3. Arang Batok Kelapa

Selanjutnya adalah arang oles kelapa. Arang jenis ini berasal dari batok kelapa yang bentuknya tipis seperti piring. Arang kelapa merupakan salah satu arang yang paling banyak ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Kelebihan dari arang jenis ini adalah kadar abu yang rendah dan dapat menahan nyala api dalam waktu yang cukup lama.

Tidak banyak asap juga. Dan yang terpenting, arang tempurung tidak mudah gosong atau menghanguskan makanan. Namun kelemahan dari arang ini adalah harga jualnya yang cukup mahal.

4. Arang Briket/Arang Batu Bara

Untuk keperluan rumah tangga, briket arang biasanya tersedia dengan ukuran yang kebanyakan kecil. Arang briket biasanya dibuat dari campuran arang, arang tempurung kelapa, arang serbuk gergaji, arang tempurung, dan arang jenis lainnya. Kita bisa dengan mudah mencetak arang ini karena sudah tercampur tepung kanji.

Keunggulan briket arang adalah terletak pada api yang menyala relatif lama dan stabil. Asapnya tidak banyak tetapi harganya cukup tinggi dan masih agak sulit ditemukan di pasaran. Tampilannya juga lebih bersih, tidak ada remah/abu yang mengotori area pembakaran.

 

Demikian artikel saya tentang cara membuat arang kayu dan jenis jenis arang, semoga bermanfaat, terimakasih.