Apa itu Backlink?

Apa itu Backlink?

Salah satu faktor terpenting pada SEO adalah Backlink. Google sebagai mesin pencari merasa backlink merupakan salah satu cara untuk memverifikasi otoritas dan juga relevansi dari suatu situs web. Hal ini berarti bahwa backlink adalah sebuah tautan pada sebuah situs web yang mengarah ke situs web lain. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang backlink dari pengertian manfaat, jenis-jenis, dan lain-lain. Simak artikel ini hingga akhir!

 

Pengertian Backlink

Backlink memberikan informasi tambahan yang tidak disediakan oleh situs web asli, dengan cara membantu pengunjung menemukannya.

Oleh karena itu, anda bisa membuat konten yang berkualitas tinggi dengan informasi lengkap tanpa menyimpang dari ide utamanya dengan menambahkan backlink ke situs web lain. Posisi website anda di SERPs (Search Engine Result Pages) ditentukan dengan jumlah backlink yang berkualitas yang anda dapatkan dari situs web lain. Makin tinggi peringkat di SERPs, makin bagus SEO website tersebut.

 

Manfaat Backlink

Backlink memiliki banyak manfaat, berikut beberapa manfaat backlink untuk situs anda:

  • Meningkatkan kredibilitas website anda

Dengan mendapatkan backlink itu artinya website anda terpercaya dalam menghasilkan konten yang berkualitas yang layak untuk dibaca.

  • Mempermudah website anda terindex di mesin pencari

Mudahnya proses pengindeksan website anda di Google, maka anda akan mendapat tingkat visibilitas tinggi dan trafik organic yang lebih banyak.

  • Meningkatkan exposure website anda

Jika makin banyak backlink yang anda dapatkan dari web lain, maka semakin banyak pula exposure yang akan anda terima dari traffic website tersebut.

  • Membangun hubungan dengan situs lain

Dengan adanya backlink juga memungkinkan anda membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan situs web lain yang mempunyai niche yang sama.

  • Meningkatkan peringkat pada SERPs

Backlink akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil pencarian.

 

Jenis Backlink

Backlink memiliki banyak jenis, berikut daftar jenis backlink yang mungkin dapat bermanfaat bagi situs anda:

  • Comment backlink

Jenis backlink ini umumnya ditautkan di dalam komentar konten web lain. Asalkan tidak berlebihan, comment backlink dapat menghasilkan banyak traffic.

  • Guest post backlink

Menulis guest post untuk web lain memungkinkan anda untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan website anda.

  • Editorial backlink

Backlink natural dari website lain ke situs anda dalam konten yang berkualitas dengan berbagai bentuk, misalnya referensi, sitasi, dan sumber informasi.

  • Do-follow backlink

Dapat memberitahu mesin pencari supaya memperhatikan backlink ke score SEOnya.

 

Cara Mendapatkan Backlink Pada Website

Untuk mendapatkan backlink yang baik memang tidak mudah, berikut beberapa metode untuk membangun backlink untuk mencapai hasil yang optimal.

  • Pahami audiens anda 

Konten yang anda sajikan harus memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka.

  • Pilihan gaya

Gunakan bahasa yang konsisten dan enak untuk dibaca.

  • Konten yang padat dan jelas

Jangan berbelit-belit karena konten yang pendek dan jelas lebih enak dibaca.

 

Berkolaborasi Bersama Influencer

Karena influencer memiliki pengaruh terhadap pengikutnya, maka berkolaborasi dengannya untuk saling bertukar backlink dapat menguntungkan anda. Karena adanya kolaborasi ini dapat meningkatkan eksposur dan pengenalan website anda.

 

Strategi Broken Link 

Broken link 404 bisa menjadi peluang yang menguntungkan SEO dan trafik anda. Cari situs dengan backlink yang error dan hubungi webmaster website tersebut. Kemudian tawarkan untuk menggunakan konten anda yang serupa dengan imbalan backlink. Anda dapat membantu webmaster mengoptimalkan web mereka dan juga mendapatkan backlink.

 

Menulis Guest Post

Salah satu cara mudah dan cepat supaya mendapatkan dan membangun backlink adalah dengan guest post. Caranya, Andu cukup menuliskan sebuah artikel atau konten di website orang lain. Kemudian imbalan yang akan Anda terima adalah sebuah backlink yang mengarah ke situs web Anda. 

 

Itu dia penjelasan mengenai backlink dari manfaat, jenis, hingga cara mendapatkan backlink. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai backlink ya, selengkapnya anda dapat berkunjung di Jasa SEO Semarang.