Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil Travel

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil Travel

  • Post author:
  • Post category:Tips

Mabuk perjalanan adalah hal yang wajar saat bepergian menggunakan mobil pribadi, bus dan kendaraan lainnya. Bagi orang yang suka mabuk perjalanan jika ada tugas keluar kota, atau bahkan liburan pun akan jadi momok yang menakutkan. Pasalanya, mau perjalanan sebentar atau lama kalau memang punya sindrom mabuk perjalanan, tetap saja bisa mabuk.

Nah untuk mengatasi mabuk perjalanan Anda harus kenali dulu apa gejalanya, apa saja penyebab dan pemicu mabuk dalam perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

cara mencegah mabuk perjalanan

Ada banyak teori yang mengungkapkan penyebab dari mabuk perjalanan. Tapi bisa diambil kesimpulan menurut zavalokatravel, penyebab mabuk dalam perjalanan adalah adanya konflik antara satu atau lebih dari indra manusia. Contoh yang paling umum adalah perbedaan antara informasi dari mata dan telinga.

Anda bisa mencobanya, saat berada di dalam mobil, cobalah untuk membaca buku, atau melihat hp, laptop dan sebagainya. Intinya anda melakukan aktivitas yang melibatkan mata. Saat anda fokus dengan buku dan bacaan di mata anda, sebenarnya untuk mencerna suatu tulisan dibutuhkan otak yang konsen atau tempat yang tenang, namun apa yang terjadi, telinga anda merespon suara yang ada di sekitar seperti suara klakson kendaraan, suara kendaraan yang menyalip dan suara lain yang ada di luar mobil.

Inilah yang dinamakan konflik antara 2 indera yang bisa memicu mabuk dalam perjalanan.

Gejala Mabuk Perjalanan

Saat anda mengalami gejala mabuk dalam perjalanan, anda bisa mengantisipasi supaya perut anda menjadi nyaman kembali. Gejala mabuk ditandai dengan mual, pusing saat kepala Anda tersentuh atau goyang, badan terasa lelah, pada beberapa orang muncul juga keringat dingin.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Cara paling mudah mencegah mabuk perjalanan sebenarnya adalah dengan menjadi pengemudi. Jika mata Anda terfokus pada jalan dan kemudi, ini membuat indra Anda menjadi peka dan respon terhadap lingkungan di sekitar.

Mengemudi

Jika Anda sedang naik mobil travel, cara mengantisipasinya adalah bayangkan saat Anda yang mengendarai mobil tersebut. Lakukan pengamatan pada jalan, pada kendaraan di depan Anda, pada rambu-rambu dan pada kelokan jalan.

Memperhatikan Lingkungan

Cara lain saat anda sedang naik mobil travel adalah dengan cara tidur di dalam mobil. Ketika Anda tidur, resiko mabuk perjalanan akan semakin kecil.

Menghentikan Perjalanan Sementara

Cara mengatasi mabuk perjalanan selanjutnya adalah dengan menghentikan sementara mobil Anda. Meminta kepada pengemudi travel dan meminta pengertian kepada penumpang lain untuk berhenti sebentar. Ini bisa meredakan rasa pusing. Meskipun dampaknya perjalanan anda mungkin agak terlambat, tapi demi kenyamanan dan keselamatan sebaiknya Anda istirahat sejenak.