Cara Menghitung Volume Septic Tank untuk Mengetahui Kapasitasnya

Cara Menghitung Volume Septic Tank untuk Mengetahui Kapasitasnya

  • Post author:
  • Post category:Rumah

Pernahkah mencoba untuk mencari cara menghitung volume septic tank agar dapat mengira-ngirakan kapasitasnya? Tepat sekali. Karena pada artikel ini akan dijelaskan berikut rumus yang bisa digunakan. Sehingga nantinya dapat melakukan perencanaan mengenai seberapa besar bak pengolahan limbah biologis yang harus terpasang di rumah.

 

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan? Ini Penjelasannya

Tapi sebelum mencoba untuk menghitung volume berikut kapasitas septic tank sendiri, lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu standar yang biasa dipakai. Tidak boleh sembarangan. Karena ada aturan khusus yang menjadi acuan. Seperti yang telah disebutkan dalam Peraturan Pemerintah yang membahas mengenai pengolahan limbah.

Untuk melakukan perhitungan ini perlu disesuaikan dengan standar asumsi hitung. Hal ini pun juga berlaku dalam berbagai macam limbah yang berasal dari berbagai tempat. Entah itu dari rumah tangga, pabrik besar, rumah makan, fasilitas umum, tempat ibadah, maupun kantor. Setiap lokasi ada standar sendiri yang harus diperhatikan agar dapat menghitung dengan tepat.

septic tank

Begini Cara Menghitung Kapasitas Septic Tank

Untuk bisa menentukan berapa besar kapasitas septic tank untuk mengolah limbah biologis dari rumah tangga, ada beberapa rumus yang dapat dipraktekkan sendiri. Perhitungan harus dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi masalah. Seperti halnya jika volume terlalu kecil, maka septic tank tidak mampu melakukan pengolahan limbah dengan baik.

1. Hitung Volume Septic Tank

Perlu diingat, untuk cara menghitung volume septic tank ini terdapat tiga indikator yang mempengaruhi. Yang pertama adalah jumlah orang dalam satu rumah yang turut memakai toilet. Perihal ini jangan serta merta langsung menentukan jumlah penghuni tetap yang berada di rumah. Tetapi asumsikan juga apabila ada tamu atau kerabat yang datang.

Indikator yang kedua yaitu jumlah air yang dikonsumsi oleh masing-masing penghuni rumah dalam satu hari. Lalu faktor terakhir yang turut menentukan adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk melakukan siklus pengolahan pada air limbah tersebut. Kalau sudah mengetahui, bisa segera melakukan perhitungan.

Misalkan dalam suatu hunian ada 6 orang yang tinggal. Lalu asumsikan terdapat 10 tamu atau family singgah dan menginap. Sehingga totalnya menjadi 16 orang. Setiap orang tersebut memiliki kebutuhan air sebanyak 25 liter per harinya. Berapa volume septic tank apabila pembusukan membutuhkan selama 3 hari?

Rumus yang digunakan untuk menghitungnya yaitu dengan cara mengalikan jumlah air yang masuk dengan lamanya waktu pembusukan. Dari angka-angka di atas diperoleh hasil sebagai seperti, Volume Septic Tank = 16 × 25 × 3 = 1200 liter = 1.2 m³.

2. Hitung Luas Alas Septic Tank

Sebelumnya ketahuilah dahulu. Bahwa tinggi muka air itu diharuskan sebesar 2/3 dari tinggi septic tank sendiri. Dan sisa 1/3-nya yaitu berupa ruang kosong dan isinya berupa udara. Yang mana itu terdapat pada bagian atas. Untuk mengetahui luas alas, asumsikan kalau rencana tinggi dari septic tank adalah 2.35 meter. Jadi diperoleh:

Tinggi Muka Air = 2/3 × 2.35 = 1.57 meter

Tinggi Ruang Udara = 1/3 × 2.35 = 0.78 meter

Luas Alas Septic Tank = Volume : Tinggi Muka Air = 1.2 m³ : 1.57 m = 0.76 m

3. Hitung Ukuran Panjang dan Lebar Alasnya

Setelah menghitung semuanya, maka bisa diketahui berapakah panjang berikut alas dari septic tank. Untuk mempermudah, asumsikan panjang memiliki angka 1 meter. Dengan begitu lebar dapat dihitung dengan membagi luas dan panjang yaitu: 0.76 : 1 = 0.76 meter

Demikian penjelasan singkat tentang cara menghitung volume septic tank dengan melihat tiga indikator yang telah disebutkan. Dengan begitu bisa melakukan perencanaan dan menentukan jenis bak penampung yang cocok. Jangan lupa untuk memilih yang terbaik, seperti BioRICH. Septic tank ramah lingkungan dengan teknologi terbaik. Dimana bisa mendapatkannya? Bisa didapatkan di situs https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/.