Pertimbangan Beli Rumah atau Bangun Rumah

Pertimbangan Beli Rumah atau Bangun Rumah

  • Post author:
  • Post category:Properti

Memiliki rumah sendiri pastinya menjadi impian banyak orang. Namun, di masa modern saat ini kita diberikan dua pilihan yang cukup sulit. Ya, Anda bisa memilih beli rumah atau bangun rumah.

Pertimbangan Beli Rumah atau Bangun Rumah

beli rumah atau bangun rumah

Untuk menentukannya, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1.    Beli Rumah

Bagi Anda yang ingin membeli rumah, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan yaitu

a.    Tinggal Terima Jadi

Pertimbangan pertama mengenai beli rumah adalah tinggal terima jadi. Ya, Anda tak perlu mengurusi berbagai hal seperti material yang digunakan, alat, tukang, konsumsi, bayaran, dan lain sebagainya. Anda tinggal menempatinya dan tak perlu menunggu lama.

b.    Harganya Pas

Kelebihan membeli rumah juga harganya pas tidak ada yang namanya anggaran membengkak saat membeli rumah. Namun, memang jika Anda ingin menambah beberapa fasilitas di rumah tentu tambah biaya. Namun, jika tidak ada biaya yang dikeluarkan hanya sebatas harga yang ditampilkan.

c.    Bisa Dicicil

Kelebihan yang berikutnya yaitu bisa dicicil dengan mudah. Anda bisa menempati rumah sendiri padahal tidak membayar penuh. Bahkan Anda bisa mencicil rumah tersebut hanya dengan 1 hingga 2 jutaan saja per bulan. Ketika sudah lunas, Anda tinggal menempatinya dengan leluasa.

d.    Tidak Bisa Desain Sendiri

Berbicara soal desain, Anda tak bisa membuat desain yang diimpi-impikan. Ya, Anda harus terima desain yang telah dibuat oleh para pengembang. Apabila ingin merombaknya pun tak banyak yang bisa dilakukan karena lahannya cukup terbatas.

e.    Lokasi Rumah Berdekatan

Lokasi rumah yang beli dari perumahan umumnya sangat berdekatan dengan rumah lainnya. Hal ini sering memunculkan ketidaknyamanan karena sering kali suara tetangga masuk ke dalam rumah.

Bagi Anda yang ingin membeli rumah lokasi di Kota Bogor, Anda bisa mendapatkan banyak informasi di perumahan syariah bogor.

2.    Bangun Rumah

Sedangkan untuk yang ingin bangun rumah sendiri, ini dia pertimbangannya:

a.    Bisa Desain Sesuai dengan Keinginan

Kelebihan yang paling utama dalam membuat rumah sendiri yaitu bisa didesain sesuai dengan keinginan. Anda bisa membuat rumah Anda berbentuk apapun sesuai dengan selera. Anda bisa membuat desain yang paling bagus sehingga rumah berbeda dari rumah pada umumnya.

b.    Bisa Pilih Lokasi yang Tidak Padat Penduduk

Jika Anda tidak suka tinggal bersama dengan orang lain apalagi berdekatan maka membangun rumah sendiri bisa jadi jawabannya. Anda bisa memilih lokasi di mana saja baik d tengah sawah atau di tengah kota. Jadi, rumah Anda tak berdekatan dengan rumah orang lain.

c.    Bisa Memantau Kualitas Pembangunan

Bagi Anda uang memilih membuat rumah sendiri bisa memantau kualitas pembangunan yang ada. Anda bisa menggunakan kontraktor ternama atau bisa juga menggunakan jasa tukang terpercaya untuk itu. Kualitas bisa Anda atur sesuai anggaran.

d.    Biayanya Harus Sekaligus

Berbicara mengenai harga memang tidak bisa dipungkiri karena membuat rumah itu cukup berat. Ya, Anda harus punya modal yang cukup untuk bisa membangun rumah impian dan harus ada.

Banyak hal yang perlu Anda perhatikan mulai dari bahan, tukang, desain, alat, dan lain sebagainya. Semuanya tidak bisa Anda hutang dan harus dibayar sesuai dengan penggunaannya.

e.    Banyak yang Harus Diurus

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk membuat rumah tidaklah mudah. Anda harus banyak mengurus ini itu untuk membangun rumah impian. Dari mulai lahan Anda harus menentukan sendiri di mana.

Kemudian, Anda juga harus mempersiapkan material pembangunan rumah, alat-alatnya, serta tukang yang dipercaya. Memang, membuat rumah sendiri itu cukup menguras waktu.

Itu dia beberapa pertimbangan akan memilih beli rumah atau bangun rumah. Semuanya bisa disesuaikan dengan anggaran dan juga karakter Anda sendiri. Semuanya punya sisi positif dan negatif dan setiap kepala punya pendapat sendiri-sendiri. Jika pilihan Anda adalah membeli rumah, Anda bisa mengunjungi website perumahan syariah murah.