Pilihan Jurusan Kuliah IPS Terbaik

Pilihan Jurusan Kuliah IPS Terbaik

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Apa Anda sudah menentukan jurusan yang nanti akan diambil ketika UTBK-SBMPTN 2021? Sebaiknya persiapkan dari sekarang agar bisa memilih jurusan yang tepat. Jurusan kuliah  IPS menawarkan berbagai jurusan menarik untuk dipilih. 

Aturan yang disyaratkan untuk bisa Anda pilih pada UTBK-SBMPTN 2021 hanya membolehkan memilih dua prodi atau jurusan. Anda juga sebaiknya tidak sembarangan memilih jurusan agar tidak menyesal di tengah jalan. Agar bisa menjadi pertimbangan, kami akan menyampaikan daftar pilihan jurusan kuliah IPS untuk Anda. 

Pilihan Jurusan Kuliah IPS

  • Ilmu Hukum

Sebagian orang menyebut jurusan ini sebagai salah satu primadona jurusan untuk anak IPS. Terdengar lebih gagah, disegani oleh setiap orang karena mengetahui banyak tentang permasalahan hukum. 

Pada jurusan hukum, Anda bisa belajar mengenai teori hukum, baik perdata maupun pidana. Kemudian bisa juga berkaitan dengan bisnis dan kehidupan masyarakat. Tidak hanya itu, hukum juga erat kaitannya dengan dunia politik.

Kenali diri Anda sendiri sebelum memilih jurusan hukum, pasalnya jurusan hukum akan menuntut Anda untuk bisa menghafal dan pandai berkomunikasi. Apakah Anda memiliki kemampuan tersebut?

Dengan menyandang gelar S1 Hukum, Anda bisa bekerja di berbagai posisi, umumnya posisi staf legal atau staf HRD. 

  • Manajemen Bisnis 

Jurusan kuliah IPS yang kedua adalah manajemen bisnis, jurusan ini juga cukup menarik. Anda harus melakukan persiapan khusus agar bisa masuk ke jurusan manajemen bisnis karena persaingannya cukup ketat. Bahkan tren menjadi entrepreneur yang sedang naik bisa mempengaruhinya.

Anda akan belajar mengenai perencanaan bisnis, mengelola bisnis hingga cara mengoperasikan bisnis dengan benar. Calon pengusaha atau pimpinan perusahaan membutuhkan ilmu mengenai manajemen bisnis. Walaupun Anda tidak menjadi pengusaha, biasanya lulusan manajemen bisnis banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar.

  • Akuntansi

Jurusan ini memang terbilang sulit, tidak bergengsi bahkan kurang populer untuk dijadikan pilihan Anak IPS. Setidaknya Anda harus pandai untuk urusan angka, mengatur keuangan perusahaan dan lain-lain. 

Namun beberapa orang tetap memilih jurusan ini sebagai pilihan utamanya. Bahkan Perguruan tinggi yang membuka jurusan ini biasanya rata-rata kuota yang tersedia bisa terpenuhi dengan cepat. 

Pencatatan keuangan menjadi pelajaran penting dari jurusan Akuntansi. Anda akan diajarkan untuk menyusun laporan keuangan yang baik dan informatif. Prospek kerja untuk lulusan akuntansi sangat terbuka lebar, berbagai perusahaan banyak yang membutuhkan. 

  • Ilmu komunikasi

Bagi Anda yang bercita-cita bekerja di industri media atau iklan, bisa memilih jurusan ilmu komunikasi. Bahkan untuk yang akan terjun ke dunia politik juga bisa berbekal dengan ilmu komunikasi. Sebaiknya jurusan kuliah IPS juga bisa mempertimbangkan ilmu komunikasi. 

Dari jurusan ini Anda akan banyak belajar secara mendalam tentang komunikasi, baik secara lisan, verbal hingga visual. Verbal atau public speaking menjadi keterampilan yang harus dikuasai saat ini. 

Lulusan dari jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi jurnalis, penyiar radio, editor media, MC hingga copywriter. 

  • Ilmu ekonomi

Jurusan ini banyak membahas ekonomi secara makro, bahkan dalam lingkup negara. Anda akan diajarkan berbagai hal, mulai dari kebijakan hingga analisis ekonomi. Anda bisa banyak mencari informasi jurusan ilmu ekonomi melalui situs https://gokampus.com.

Analisis ekonomi yang dilakukan perlu pendekatan matematis. Sehingga Anda harus bersiap untuk menghafal beberapa rumus matematika seperti fungsi linier, matriks dan beberapa persamaan lain. 

Itulah beberapa jurusan kuliah IPS yang bisa Anda pertimbangkan. Jadi, mana yang akan Anda pilih? Semoga Berhasil.