10 Universitas Terbaik di Dunia 2021 Versi Webometrics

10 Universitas Terbaik di Dunia 2021 Versi Webometrics

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Seperti kata pepatah, tuntutlah ilmu hingga ke negeri China. Pepatah tersebut memang benar adanya, karena mencari ilmu akan membentuk karakter seorang pelajar yang hebat. Setelah berhasil menempuh pendidikan selama 12 tahun dari SD-SMA, maka tiba saatnya untuk mencari perguruan tinggi terbaik. Berikut ini beberapa universitas yang diklaim sebagai universitas terbaik di dunia versi Webometrics pada tahun 2020.

Daftar Universitas Terbaik di Dunia Versi Webometrics

Sumber : sevima.com

1. University of Washington

Universitas unggulan pertama versi webometrics ini terletak di Washington, Amerika Serikat. University of Washington didirikan pertama kali di tahun 1861 silam dan merupakan universitas tertua di US. Medical school merupakan jurusan terbaik dan populer di kampus UW. Lokasi kampus tersebar di tiga tempat, yaitu University District di Seattle, Bothell dan Tacoma.

Sumber : seattlemet.comSumber : seattlemet.com

UW memiliki beberapa fakultas antara lain social work, business, dentistry, medicine, public health, pharmacy, oceanography, arts and sciences, hingga education. Selama kuliah disana, setiap mahasiswa akan mendapatkan student services seperti placement service, health service, health insurance, women’s center, nonremedial tutoring, dan juga day care.

 

2. Cornell University

Amerika tidak hanya memiliki satu kampus unggulan saja, ada banyak lagi universitas lainnya yang juga diklaim oleh webometrics sebagai kampus terbaik disana. Cornell University adalah salah satunya. Lokasi kampus sangat strategis, dekat dengan dua tempat refreshing populer di Amerika seperti Cayuga Lake dan Beebe Lake.

Sumber : medium.comSumber : medium.com

Program studi di Cornell University terbagi menjadi empat jenjang : undergraduate minors (jenjang sarjana lebih spesifik), undergraduate majors (jenjang sarjana lebih global cakupannya), continuing education (fokus dengan pilihan jurusan), dan graduate professional (jenjang pascasarjana dengan banyak penelitian dan pembelajaran lebih mendalam).

 

3. Johns Hopkins University

Universitas yang berbasis di United States, Baltimore, dan Maryland ini didirikan pada tahun 1876 dengan tujuan sebagai pusat penelitian. Di era pandemi seperti sekarang ini, Universitas Johns Jopkins menjadi acuan utama mengenai data statistic laju penyebaran covid-19 di dunia. Para pemangku kebijakan dan para pakar terbantu dengan peta interaktif yang mereka buat.

Sumber : wbaltv.comSumber : wbaltv.com

Pendiri universitas ini bernama Johns Hopkins yang mempelopori universitas dengan konsep penelitian modern yang ada di US. Kemudian, Universitas Johns Hopkins mendapatkan penghargaan dari NSF (National Science Foundation) sebagai institusi pendidikan di urutan paling atas dengan penelitiannya di bidang teknik, medis, dan pengetahuan.

 

4. Yale University

Universitas terbaik di dunia urutan ke-4 versi webometrics adalah Yale University yang berlokasi di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat. Beberapa orang terkemuka di dunia seperti kepala asing beberapa negara, lima presiden AS, hingga 19 hakim Mahkamah Agung AS merupakan lulusan Yale University.

Sumber : asset.kompas.comSumber : asset.kompas.com

Universitas ini mempunyai tiga kampus. Central Campus seluas 310 hektar sebagai kampus utama, dan kampus lainnya adalah Yale Athletic Center dan Medical Center. Ada tiga akademik di Yale University, yakni sekolah profesi, program sarjana (Yale College) dan sekolah pascasarjana sains dan seni (graduate school of arts and sciences).

 

5. University of California San Diego

Universitas yang disingkat UCSD ini terletak di La Jolla, San Diego, Amerika. Universitas unggulan ini didirikan pada tahun 1960. UCSD memiliki enam hunian untuk para sarjana antara lain Sixth, Muir, Marshall, Revelle, Warren, dan Roosevelt. Ada juga sekolah kedokteran Pharmaceutical Sciences, Skaggs School of Pharmacy, dan UC San Diego School of Medicine.

Sumber : Twitter university of california san diegoSumber : Twitter university of california san diego

Untuk sekolah pascasarjananya terdiri dari School of International Relations and Pacific Studies, Jacobs School of Engineering, dan Rady School of Management. Lembaga Oseanografi Scripps yang merupakan lembaga paling tua di dunia dengan fokusnya di bidang ilmu bumi, atmosfer, dan oseanografi adalah bagian dari UCSD.

 

6. University of Toronto

Universitas yang berlokasi di Kanada ini didirikan pada tahun 1827. Universitas tersebut mempunyai lebih dari 400 program professional dan program pascasarjana serta lebih dari 800 program sarjana. Kampusnya tersebar di tiga lokasi yakni  Mississauga Campus berlokasi di barat Toronto, Scarborough Campus di timur Toronto dan downtown campus di St. George.

Sumber : anakrantau.idSumber : anakrantau.id

Kampus U of T memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap mahasiswa fakultas art of science. Dimana mereka otomatis akan menjadi anggota dari salah satu tradisi college yang merupakan tempat berkumpulnya para akademisi.

 

7. University of Wisconsin Madison

Universitas yang disingkat UW-Madison ini lebih berfokus dalam bidang riset. Ada 151 program master, 107 program doctoral, dan 135 jurusan undergraduate yang terbagi menjadi 20 fakultas. UW-Madison merupakan kategori RU/VH Research University yang mana dosennya sudah menguasai ilmu terbaru dari riset yang diadakan.

Sumber : Madison.comSumber : Madison.com

 

8. Pennsylvania State University

Universitas ini didirikan pada tahun 1740 dan lokasinya berada di Pennsylvania, Amerika. Universitas terbaik di dunia satu ini mempunyai beberapa fakultas seperti bisnis, komunikasi, teknik, hingga ilmu bumi dan mineral. Terdapat juga fakultas schreyers honors dan sekolah pascasarjana. Pennsylvania State University merupakan salah satu anggota Ivy League.

Sumber : collegevine.imgix.netSumber : collegevine.imgix.net

Ada beberapa orang ternama yang merupakan lulusan universitas unggulan ini, antara lain Donald Trump yang merupakan pengusaha, miliarder, serta mantan presiden AS. William Henry Harrison yang merupakan presiden AS, hingga Boediono yang merupakan mantan wakil presiden Indonesia.

 

9. New York University

Universitas yang biasa disingkat dengan NYU tersebut program studi bahasa italia, matematika, teater, dan keuangannya diklaim oleh Faculty Scholarly Productivity Index sebagai nomor 1. Lokasi kampus tersebar di beberapa tempat. Washington Square Campus sebagai kampus utama terletak di Manhattan, New York, berdekatan dengan Washington Square Park.

Sumber : konsultanpendidikan.comSumber : konsultanpendidikan.com

Medical Campus terletak di East River waterfront di daerah First Ave. Dan Brooklyn Campus berada di pusat kota Brooklyn. NYU memiliki program akademik undergraduate dan graduate dengan beragam fakultas seperti business, arts, dentistry, public health, law, social work, liberal studies, hingga individualized study.

 

10. Eidgenössische Technische Hochschule ETH Zürich

Nama universitas tersebut jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Institut Teknologi Konfederasi Zurich. Universitas ini didirikan pada tahun 1854 dan merupakan universitas negeri yang dimiliki oleh pemerintah Konfederasi Swiss. Institut tersebut pernah meraih penghargaan nobel di bidang kimia, kedokteran, dan fisika dari tahun 1901-1950.

Sumber : berufsberatung.chSumber : berufsberatung.ch

Ada beberapa orang terkenal yang merupakan lulusan universitas ini, seperti Wilhelm Conrad Rontgen yang merupakan penemu sinar X, Albert Einstein yang merupakan penemu teori rumus relativitas, dan Wolfgang Pauli yang dikenal dengan teori larangan pauli. Tradisi berprestasi tingkat dunia berlanjut hingga saat ini di bidang biologi molekuler dan bioteknologi.

 

Beberapa universitas terbaik di dunia tersebut merupakan universitas impian banyak orang. Semakin jauh menuntut ilmu, maka ilmu yang akan didapatkan semakin banyak. Anda pun bisa menjadikan salah satu universitas dari 10 daftar di atas sebagai universitas impian agar Anda terdorong untuk semakin giat menuntut ilmu hingga negeri orang.

 

Sumber : IDP Indonesia