Pengertian dan Manfaat Artikel bagi Penulisnya

Pengertian dan Manfaat Artikel bagi Penulisnya

  • Post author:
  • Post category:Pendidikan

Artikel adalah karangan faktual lengkap dengan jumlah kata tertentu yang ditulis untuk dipublikasikan di media online dan cetak (melalui surat kabar, majalah, buletin, tugas, dll). Jenis karangan ini dapat ditemukan di mana saja, mulai dari media cetak hingga media online seperti situs berita dan blog pribadi. Manfaat artikel sangat banyak, mulai dari pelajar, mahasiswa, bahkan dalam dunia bisnis, artikel juga memiliki banyak manfaat bahkan bisa menjadi strategi pemasaran yang baik.

Apa Arti dari Artikel?

Apa Itu Artikel? Artikel adalah karangan faktual lengkap jumlah atau panjang kata tertentu. Artikel-artikel yang telah ditulis dapat dipublikasikan dalam bentuk media cetak, online, dan ebook. Tujuan penulisan artikel umumnya adalah untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya.

Manfaat Artikel untuk Bisnis Anda

Artikel sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis, khususnya bisnis di era digital ini. Artikel memiliki peran yang erat dalam strategi Inbound Marketing. Di era digital marketing, strategi ini merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai. 

Selain itu, teknik penulisan artikel yang baik juga dibutuhkan dalam pemasaran melalui konten atau lebih dikenal dengan Content Marketing. Saat ini, content marketing merupakan teknik yang harus digunakan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Salah satu pekerjaan bergaji tinggi adalah Copywriter. Karya ini tentang teknik penulisan persuasif dengan tujuan agar pembaca menerima tawaran. Silakan baca lebih lanjut tentang teknik ini, di artikel berikut.

Manfaat Artikel Secara Umum

Artikel dibuat bukan tanpa tujuan, melainkan karena artikel diketahui memiliki beberapa manfaat, baik bagi penulis maupun pembaca. Diantara manfaat artikel adalah sebagai sarana penyampaian ide dari penulis kepada masyarakat. Selain itu, artikel juga dapat memberikan dampak akademis bagi penulisnya.

Selanjutnya artikel merupakan salah satu cara untuk mengulas atau memaparkan suatu permasalahan atau kebaruan (state of the art) yang sesuai dengan bidang ilmu tertentu. Manfaat lain dari artikel ini adalah dapat membantu penulis memahami tujuan penulisan, sehingga penulis diharapkan memiliki kompetensi.

Artikel dapat membantu penulis berpikir sistematis dan melatih mereka untuk menggunakan bahasa yang baik dan teratur. Dan terakhir, artikel dapat menjadi sarana untuk mempublikasikan pemikiran ilmiah.

 

Demikian pembahasan mengenai Apa Itu Artikel dan manfaat artikel, semoga bermanfaat.