6 Masakan Khas Indonesia yang Mendunia

6 Masakan Khas Indonesia yang Mendunia

  • Post author:
  • Post category:Makanan

Rempah-rempah yang berkolaborasi dengan bumbu dapur ala Indonesia telah sukses menciptakan rasa umami yang sangat lezat. Jadi nggak heran kalau kelezatan masakan Indonesia sudah dikenal oleh mancanegara. Bahkan banyak dari orang mancanegara yang rela membayar harga yang mahal untuk makanan Indonesia loh!

Nah, berikut ini adalah beberapa kuliner khas Nusantara yang sudah dikenal oleh mancanegara hasil rangkuman madureh.com. Kamu sudah pernah nyobain semua belum?

Rendang

Masakan khas Nusantara yang mendunia pertama menurut tim madureh.com adalah rendang. Olahan daging dengan bumbu yang pekat ala Sumatera Barat ini sukses membuat rendang jadi makanan favorit banyak orang. Bahkan rendang masuk dalam World’s Most Delicious Food CNN International selama lebih dari 4 kali berturut-turut.

Buat kamu yang di luar Indonesia dan kangen banget nyobain rendang, sudah nggak perlu khawatir lagi. Kini rendang sudah ada hampir di seluruh restoran Indonesia di dunia.

Tempe

Posisi kedua masakan khas Indonesia yang mendunia adalah Tempe. Sobat madureh.com pasti nggak asing lagi kan dengan tempe?

Tempe merupakan olahan kacang kedelai yang difermentasi dengan bantuan jamur. Meskipun hasil fermentasi, tempe bisa diolah menjadi makanan yang super nikmat. Bahkan di Jepang, tempe sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya.

Dulunya tempe sering disebut sebagai makanan kelas bawah, tetapi kini semua kalangan sering menikmati tempe dalam beragam olahan. Btw, olahan tempe favorit kamu apa nih?

Nasi Goreng

Masakan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Nasi Goreng. Walaupun nasi goreng hampir ada di setiap negara, tetapi nasi goreng dari Indonesia lebih khas. Bumbu yang dipakai lebih lengkap atau medhok dan pedas. Belum lagi kalau ditambahkan toping telur orak-arik, yumm!

Nasi goreng Indonesia juga pernah masuk dalam World’s Most Delicious Food CNN International loh dulu. Satu fakta menarik lagi, Presiden Barack Obama sangat menyukai nasi goreng Indonesia. Beliau mengakui bahwa nasi goreng Indonesia memang nggak ada duanya!

Harga nasi goreng di Indonesia sendiri bervariasi, mulai dari Rp. 10.000 hingga ratusan ribu.

Bakso

Hayo siapa yang suka bakso?

Bakso ternyata juga termasuk dari masakan indonesia yang mendunia loh! Bakso memang sudah banyak dijumpai di Asia, tetapi tahukah kamu bahwa bakso adalah makanan khas Indonesia?

Olahan daging dan tepung dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan direbus, kemudian disajikan dengan kuah sop serta bihun. Beberapa daerah juga mengkombinasikan bakso menjadi bakso keju, bakso telur puyuh, bakso mercon (isi pedas) dan bakso ati ampela.

Rekomendasi tim madureh.com buat kamu semua, kalau makan bakso jangan pakai saosnya. Cukup pakai kecap dan sambel yang pas, supaya cita rasanya lebih yahud!

Gado-gado

Kuliner khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah gado-gado, atau biasa disebut dengan saladnya orang Indonesia. Gado-gado adalah makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang direbus kemudian ditambahkan tahu, tempe dan telur rebus, kemudian disiram dengan kuah kacang.

Satu fakta tentang gado-gado, bahwa makanan ini pernah menjuarai kontes memasak tingkat internasional di Napoli dalam kategori sajian estetika.

Sate

Sate juga termasuk kuliner khas Indonesia yang mendunia. Di Indonesia sendiri jenis sate di setiap daerah selalu berbeda-beda. Ada sate khas Madura, khas Padang, khas Palembang dan masih banyak lainnya.

Satu fakta tentang sate, di New York ada sebuah restoran bernama Satay Junction, dimana menu andalan mereka adalah sate ayam.

Nah itu dia 6 masakan khas Indonesia yang mendunia. Oh iya, kalau kamu mau mencari info-info menarik lainnya, jangan lupa kunjungi https://www.madureh.com/ Semoga bermanfaat!