Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kelapa yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kelapa yang Baik Untuk Kesehatan

  • Post author:
  • Post category:Kesehatan

Pada artikel kali ini saya akan memberikan manfaat dan cara membuat minyak kelapa. Kelapa adalah pohon seribu manfaat yang bisa dibuat beragam kerajinan, minuman bahkan bisa dibuat minyak kelapa.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki beragam khasiat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Walaupun minyak ini mudah didapat, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Selain itu, minyak kelapa sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dibuat.

Popularitas minyak kelapa justru meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dari kosmetik hingga produsen makanan, mereka berlomba-lomba menggunakan bahan alami ini dalam produknya.

Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kelapa

Cara Membuat Minyak Kelapa

Bahan-bahan

  • 3-4 butir kelapa matang dan segar untuk 1 liter santan
  • 50 gram minyak dapat diekstraksi.
  • Cukup air
  • Parutan
  • Saringan
  • Botol penyimpanan

Cara Membuat

  1. Kupas kelapa, kemudian ambil dagingnya menggunakan mesin cungkil kelapa dan bersihkan. Kemudian parut daging kelapa tersebut.
  2. Peras daging kelapa parut dengan kain untuk mengekstrak santan. Kemudian Anda bisa menambahkan sedikit air panas agar mudah diperas.
  3. Setelah santan diekstraksi, saring dengan kain untuk memisahkan kotorannya.
  4. Masukkan santan ke dalam wajan dan taruh di atas kompor. Masak selama 2 hingga 3 jam, tetapi jaga agar api tetap rendah.
  5. Aduk terus sampai santan berubah warna menjadi coklat. Kemudian air kelapa menguap dan terpisah menghasilkan minyak dan ampas.
  6. Setelah santan pekat, angkat dan biarkan dingin. Masukkan santan kental yang sudah dingin, lalu peras dengan kain untuk memisahkan minyak.
  7. Kumpulkan dalam mangkuk lalu simpan dalam kaleng atau botol plastik. Jika ingin membuat dalam jumlah banyak bisa menggunakan mesin pembuat minyak kelapa agar hasil produksi banyak dan berkualitas.

Manfaat Minyak Kelapa

1. Baik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi.

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Diyakini bahwa membuat minyak kelapa baik untuk penderita kolesterol tinggi. Namun beberapa penelitian juga menyebutkan minyak kelapa belum pasti baik untuk jantung.

2. Menurunkan Berat Badan.

Mempunyai kalori yang rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak kelapa dinilai baik untuk penderita obesitas. Diyakini kandungan lemak jenis MCT dalam minyak kelapa mampu membuat Anda menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap perlu mengkonsumsi minyak kelapa dengan porsi pas tidak memiliki kalori berlebih yang justru berujung pada penambahan berat badan.

3. Melembabkan Kulit

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembab kulit ringan. Setelah mandi anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin. Menggunakan minyak kelapa rutin dua kali sehari dapat membuat kulit menjadi sehat.

4. Menghilangkan Kutu Rambut.

Mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat membantu menjauhkan kutu. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya berperan sebagai pembunuh kutu alami. Minyak kelapa sangat cocok untuk mengobati kutu rambut, pada orang yang mempunyai kulit sensitif tidak cocok untuk mengobati kutu rambut.

5. Baik untuk Diabetes

Bagi yang mempunyai diabetes, minyak kelapa dipercaya dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan resistensi insulin dapat meningkat. Tetapi penderita diabetes dianjurkan membatasi asupan minyak kelapa karena minyak kelapa adalah lemak jenuh.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga bermanfaat, terimakasih.