2 Jenis Sakit Kepala yang Harus Anda Tahu

2 Jenis Sakit Kepala yang Harus Anda Tahu

  • Post author:
  • Post category:Kesehatan

Sakit kepala adalah penyakit yang sangat sering dialami oleh semua orang. Secara umum sakit kepala dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu migrain, sakit kepala clauster dan sakit kepala tegang. Lalu apa yang membedakan ketiga jenis sakit kepala ini?

Sakit kepala dapat terjadi pada bagian manapun bagian kepala, dapat bermula dari kepala bagian belakang sampai ke leher. Sakit kepala umumnya tidak akan berlangsung lama namun hanya beberapa jam saja. Namun sebagian kasus sakit kepala dapat berlangsung hingga berhari-hari.

Jenis sakit kepala yang umum

Sebetulnya sangat banyak sekali jenis sakit kepala namun dalam kesempatan kali ini kita hanya membahas tiga jenis sakit kepala saja yang setidaknya kalangan awam harus tahu. Sakit kepala kadang disertai dengan sakit yang lainnya seperti migrain, kelelahan, sulit tidur, sensitif, mual dan lainnya.

Lalu apa saja jenis sakit kepala tersebut, berikut ulasannya.

 

Migrain

Migrain atau dikenal dengan sakit kepala sebelah adalah jenis sakit kepala yang hanya terjadi pada bagian sisi sebelah kepala saja. Sakit kepala sebelah biasanya berlangsung beberapa jam saja. Penderita biasanya akan merasakan sensitif terhadap suara bising atau cahaya.

Secara pasti migrain belum dapat diketahui namun sejumlah faktor dapat menjadi penyebab migrain adalah karena stres, kelelahan, kualitas tidur yang buruk, merokok, dan konsumsi minuman beralkohol.

 

Sakit kepala clauser (clauster headaches)

Jenis sakit kepala ini adalah jenis sakit kepala yang terasa hanya pada bagian satu sisi kepala saja. Sakit kepala clauster dapat terjadi secara tiba-tiba dan penderita akan merasakan bahwa sakitnya ada di bagian belakang mata atau sekitar mata.

Pada sakit kepala clauster biasanya dapat berlangsung antara 15 menit hingga 3 jam. Sakit kepala clauster dapat membangunkan penderitanya dari tidur sebab rasa sakit yang tak tertahankan. Selain rasa sakit, muncul juga gejala mata merah dan berair.

Penyebab sakit kepala clauster diantaranya adalah konsumsi minuman beralkohol, merokok, dan faktor usia. Selain itu, faktor genetik juga bisa menyebabkan sakit kepala clauser.