Bahan Aktif untuk Menghilangkan Komedo

Bahan Aktif untuk Menghilangkan Komedo

  • Post author:
  • Post category:Kecantikan

Menghilangkan komedo sebenarnya tidak sulit, hanya saja Anda perlu memastikan menggunakan cara yang aman dan sehat. Cara manual dengan menekan dan memencet bisa jadi justru memperburuk kondisi wajah. Dan menurut cantikq.com, berikut ini adalah sejumlah bahan perawatan yang lebih direkomendasikan untuk atasi komedo.

Kandungan Aman yang Bisa Bekerja Menghilangkan Komedo

menghilangkan komedo

Ada banyak perawatan kulit yang menawarkan banyak janji, bebas jerawat, bebas keriput, bebas kulit kering dan bebas komedo. Bagaimana cara memilih produk dengan tepat? Tentu saja dengan melihat komposisi di dalamnya. Dan bila mengatasi jerawat menjadi fokus Anda, berikut bahan yang bisa Anda pilih.

Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan senyawa kimia yang lazim terkandung pada perawatan kulit yang bekerja menghilangkan komedo. Biasanya didapat pada produk pembersih wajah atau pada krim wajah. Senyawa ini dikenal memiliki efek eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dan kotoran. Efek eksfoliasi dari asam salisilat juga efektif membantu mengangkat kotoran yang terjebak di dalam pori pori. Baik yang sudah membentuk komedo maupun yang belum menjadi komedo.

Hanya saja, asam salisilat ini tergolong bahan yang keras karena kadar asam di dalamnya yang relatif tinggi. Efektif meredakan produksi minyak berlebih dan memberi efek kulit lebih halus. Tetapi juga bisa menyebabkan kulit terasa kering dan teriritasi.

Gunakan secara tipis untuk jenis krim wajah dengan asam salisilat, tanpa dilakukan berulang. Dan hanya gunakan pembersih wajah dengan komponen asam salisilat sebanyak 1 kali saja setiap hari.

Eksfoliasi dengan AHA dan BHA

Eksfoliasi pada dasarnya bekerja efektif untuk menghilangkan komedo. Tetapi pastikan untuk tetap bijak dengan tindakan ini, karena eksfoliasi bisa berakibat iritasi kulit. Pada kulit pro jerawat, iritasi kulit mudah berkembang menjadi jerawat.

Dan lebih baik pilih jenis bahan eksfoliasi yang bersifat lembut, seperti pada jenis AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Keduanya dikenal memiliki sifat asam yang baik mengendalikan jerawat, minyak dan sebum. Juga memiliki efek pengangkatan sehingga membantu menghilangkan komedo dan memperbaiki tekstur permukaan kulit.

Tetapi seperti halnya asam salisilat, penggunaan bahan AHA dan BHA juga tetap perlu hati hati. Hindari pemakaian berlebihan untuk menghindari efek iritasi. Dan bila kulit menjadi terasa lebih kering, kaku dan terasa perih, maka segera hentikan pemakaian perawatan.

Retinoid

Retinoid pada umumnya dapat Anda jumpai pada produk krim wajah, atau pada masker. Sifat retinoid juga sama dengan produk anti komedo lain, sebagai eksfoliasi. Sifatnya ini akan sangat efektif membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang melekat pada wajah.

Retinoid biasanya direkomendasikan untuk mereka yang masih mengeluhkan jerawat dan komedo meski sudah memasuki usia matang. Karena retinoid juga terbukti baik untuk atasi kerutan pada wajah.

Kebanyakan krim sendiri hanya mengandung retinoid dalam kadar kecil, karena ketika kadarnya berlebihan sifatnya menjadi cukup keras dan menimbulkan iritasi kulit. Itu sebabnya kebanyakan krim akan efektif setelah beberapa pekan.

Sulfur

Sulfur dikenal sebagai bahan antiseptik. Terapi perawatan wajah dengan sulfur akan mengurangi intensitas bakteri pada wajah. Sulfur juga dapat bekerja sebagai eksfoliasi dengan membantu mengangkat sel kulit mati dan sebum.

Sifat sulfur jauh lebih ringan dari salicylic acid, dengan tambahan unsur antiseptic sehingga memberi efek positif dari cara yang berbeda. Ini bisa menjadi pilihan untuk Anda dengan kulit yang sensitif.

Terapi sulfur biasanya di dapat dari produk pembersih muka dan masker. Sulfur tidak lazim digunakan sebagai bahan pembuatan krim wajah. Ini karena aroma sulfur kadang cukup kentara.

Charcoal

Charcoal juga disebut dengan arang. Sebenarnya arang ini bekerja sebagai antitoksin dan efektif menyerap komponen lemak dan minyak berlebih di wajah. Biasanya charcoal di dapat pada pembersih wajah dan pada masker.

Sifat charcoal juga termasuk ringan dan rendah efek samping. Meski dapat efektif menghilangkan komedo dan mengendalikan minyak pada wajah, hasil yang memuaskan baru dapat Anda peroleh setelah beberapa pekan.