Ikan Gurame Hias, Jenis-Jenis dan Harganya

Ikan Gurame Hias, Jenis-Jenis dan Harganya

  • Post author:
  • Post category:Hewan

Ikan Gurame hias merupakan salah satu jenis ikan yang sangat disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Bukan soal rasanya yang enak, melainkan ada berbagai macam bentuk serta corak menarik. Maka tak heran sebagian orang memilih Ikan Gurame sebagai hiasan untuk mempercantik akuarium.

gurame hias

Mengenal Tentang Ikan Gurame Hias, Jenis-jenis dan Harganya

Ikan Gurame hias memiliki banyak berbagai macam jenis. Hal tersebut jugalah yang membuat ikan ini dibandrol dengan harga berbeda-beda, tergantung pada ukuran, keunikan hingga kelangkaannya.

Berikut jenis-jenis Ikan Gurame beserta harganya.

1. Dwarf Gourami

Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu Colisa Lalia merupakan salah satu anggota paling kecil dari jenis gurami. Jenis ini dibandrol seharga Rp. 150.000 dan sangat cocok guna melengkapi koleksi serta mempercantik akuarium Anda. Ada berbagai variasi warna dan corak seperti biru hingga merah cerah.

Jenis ini memiliki sejumlah nama lainnya seperti Powder Blue, Red Gourami, hingga Gurami Kerdil. Untuk ukuran yang paling dewasa yaitu sekitar 5 cm dan mampu bertahan hidup kurang lebih 4 tahun. Jika Anda berencana meletakkannya ke dalam akuarium, maka teman yang cocok adalah ikan kecil.

2. Moonlight Gourami

Sesuai dengan namanya Moonlight Gourami memiliki warna perak seperti bulan. Ikan ini merupakan salah satu jenis Gurame hias besar dan juga mempunyai sifat pemalu. Ukuran paling dewasa bisa mencapai hingga 15 cm serta bertahan hidup selama 4 tahun dan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 150.000.

Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu Trichogaster Microlepis. jenis gurami ini sangat cocok dipelihara untuk mempercantik tampilan akuarium berukuran besar. Moonlight gourami menyukai tempat yang penuh tanaman serta ruang persembunyian. Teman dalam akuarium biasanya ikan-ikan non agresif.

3. Blue Gourami

Jenis ini merupakan salah satu keluarga Gurame yang paling terkenal diantara lainnya sebagai ikan Gurame hias. Hal tersebut dikarenakan mudah dalam pemeliharaan dan juga perawatan. Biasanya orang-orang memelihara Blue Gourami bersamaan dengan jenis ikan berukuran sama di akuarium.

Blue Gourami memiliki nama ilmiah yaitu Trichogaster Trichopterus serta mempunyai banyak julukan lainnya. Ukuran terbesar dari ikan Gurame jenis ini yaitu sekitar 10 cm dan usianya bertahan sampai 4 tahun seharga Rp. 60.000. Ketika memeliharanya, usahakan hanya ada satu pejantan dalam akuarium.

4. Kissing Gourami

Kissing Gourami atau julukan lainnya adalah Green Kisser dan Pink Kisser memiliki perilaku unik yaitu saling mencium. Ikan Gurame jenis ini sangat rentan berselisih dengan ikan lainnya karena hak teritorial. jadi Anda harus benar-benar memperhatikan peletakan akuariumnya.

Kissing Gourami memiliki variasi warna yaitu merah muda dan juga hijau. Nama ilmiah dari jenis ini adalah Helostoma Temminckii mempunyai ukuran dewasa berkisar 6 cm serta usia hingga 5 tahun. Anda dapat menemukannya di pasaran secara mudah dengan harga sekitar Rp. 5.000.

5. Chocolate Gourami

Ikan Gurame hias berjenis Chocolate Gourami termasuk salah satu spesies yang cukup sulit ditemukan di pasaran. Nama ilmiahnya adalah Sphaerichthys Osphromenoides dengan ukuran dewasa mencapai 5 cm serta usia harapan hidupnya sekitar 5 tahun.

Chocolate Gourami merupakan salah satu jenis Gurame yang masuk dalam kategori sulit ketika memeliharanya. Hal tersebut dikarenakan, spesies ini sangat sensitif atas kondisi air. Jadi Anda perlu benar-benar memperhatikannya. Di pasaran Chocolate Gourami dijual seharga Rp. 7.000 per 2 cm.

Itulah tadi pembahasan dari ikanesia mengenai beberapa ikan hias Gurame beserta harganya. Pada dasarnya jenis ikan tersebut tergantung dengan ketersediaannya di pasaran. Apabila jarang, maka akan dijual cukup mahal dan begitu pula sebaliknya.