Begini Cara Cek ID PLN dengan Nama

Begini Cara Cek ID PLN dengan Nama

  • Post author:
  • Post category:Elektronik

Cara cek ID PLN dengan nama ternyata sangat mudah dan praktis. Ada dua cara, melaui aplikasi maupun website dan juga langsung datang ke kantor PLN setempat. Nomor ID PLN ini sangat penting dan diperlukan untuk tahu berapa tagihan listrik yang perlu kamu bayar setiap bulannya. Cara untuk mengeceknya adalah sebagai berikut :

 

1. Cara Cek ID PLN dengan Nama Lewat Kantor PLN Langsung

Cara cek id pelanggan pln dengan nama ini sangat efektif bagi kamu yang kebetulan memiliki rumah yang posisinya dekat dengan kantor PLN. Berikut ini cara untuk untuk melakukan Cek ID langsung dari kantor PLN:

  • Pastikan terlebih dahulu nama lengkap dari pemilik rekening listrik dan juga nomor rekening listrik
  • Setelah itu, langsung saja mengunjungi kantor PLN yang ada di dekat rumahmu
  • Jika ditanyakan oleh petugas layanan, langsung sebutkan keperluan kamu untuk cek ID pelanggan. Lalu sebutkan juga nama lengkap dari pemilik rekening listrik tersebut dan juga identitas dari pemiliknya.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk menunjukan kartu identitas atau KTP sebagai bukti untuk verifikasi. Nantinya nama pemilik rekening akan dicocokkan dengan nama yang ada di KTP.
  • Petugas layanan akan memberitahu ID PLN kamu.

token listrik

2. Cara Cek ID PLN dengan Nama Menggunakan Aplikasi

Untuk cara yang ini terbilang sangat mudah. Kamu tidak perlu repot-repot mendatangi kantor PLN. Apalagi jika posisi rumah kamu sangat jauh dengan kantor PLN. Cara ini tergolong cara cek id pln dengan nama paling praktis. Pasalnya, kamu hanya perlu melakukan pengunduhan aplikasi PLN Mobile melalui App Store maupun Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa melihat beragam kebutuhan informasi terhadap rekening listrik yang dimiliki. Misalnya, jumlah pemakaian, nama pemilik, biaya tagihan, dan tentunya juga nomor ID yang dimiliki oleh pelanggan.

 

3. Cek ID PLN Melalui Website Resmi PLN

Ini juga tergolong cara yang sangat mudah. Untuk mengetahui ID pelanggan PLN kamu, hanya tinggal mengunjungi website portal.pln.id. Di sana, kamu hanya perlu memasukkan nama pemilik rekening listrik. Nama yang dimasukkan adalah yang ingin kamu cek id PLNnya.

Setelah itu kamu akan ditampilkan beberapa nama. Silakan untuk melakukan proses pencocokan sesuai dengan data yang ditampilkan. Jika sudah ditemukan, langsung saja tulis nomor ID PLN yang ditunjukkan pada data tersebut.

Contoh ID Pelanggan PLN

Contoh ID pelanggan PLN itu bisa langsung kamu lihat pada struk pembayaran tagihan. Disana tertulis ID Pelanggan dan berisi 11-12 digit angka unik yang merupakan ID pelanggan PLN kamu. Contoh : 843252931464.

Selain dengan melihat struk pembayaran tagihan, ID pelanggan PLN juga terdapat di meteran listrik PLN yang terpasang di rumah kamu. Cobalah untuk mendekati meteran tersebut dan cari barcode yang ada di sana. Letak ID pelanggan biasanya ada di bawah barcode yang tertera. Jumlahnya sama, yakni 11-12 digit angka.

 

Cara Cek Nomor Meteran Listrik

Nomor meteran listrik itu sama dengan ID Pelanggan. Itu menjadi identitas siapa pemilik rekening listrik tersebut. Selain itu, digunakan juga untuk membeli token listrik dan untuk melakukan kontrol saat terjadi masalah meteran listrik.

Cara untuk ceknya sama, bisa lewat struk pembayaran tagihan listrik, lewat meteran yang ada di rumah, lewat website, aplikasi PLN Mobile, dan juga bisa langsung mengunjungi kantor PLN jika posisi rumahmu dekat.

 

Cek Nomor Rekening Listrik

Nomor meteran, nomor rekening, dan juga ID pelanggan itu hampir sama fungsinya. Yakni untuk menunjukkan identitas kamu sebagai pemilik rekening listrik. Cara melakukan cek nomor rekening listrik juga sama, yakni bisa dengan melihat meteran, struk tagihan, lewat website, lewat kantornya langsung, atau lewat aplikasi.

 

Nah demikian artikel tentang cara cek ID PLN dengan nama semoga bermanfaat.