Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan – Seiring berjalannya waktu banyak orang membutuhkan tambahan income untuk memenuhi kebutuhan harian menjadi serba mahal seperti sekarang ini. Maka dari itu banyak orang terkadang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan berbisnis kecil-kecilan. Harapannya adalah supaya bisa membantu menambah pemasukan harian tanpa perlu takut dengan risiko dihadapi.

Tips Memulai Usaha Modal Kecil dari Nol

Setiap orang berhak menentukan usahanya sendiri ketika mereka ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mencari uang demi menyambung hidupnya. Beruntungnya sekarang ini ada banyak bisnis kecil-kecilan dimana bisa dimulai dari nol sehingga lebih minim risikonya. Namun supaya terhindar dari kegagalan, sebaiknya simak dulu tipsnya di bawah ini:

  1. Sebelum memulainya, jangan lupa tentukan dulu jenis usahanya. Menentukan jenis usaha yang akan dirintis itu penting sekali karena bisa mempengaruhi hasil akhir kedepannya. Untuk tahap permulaan, sebaiknya cobalah dari bisnis paling sederhana dulu seperti menjual makanan ringan dengan sistem dropship atau reseller.
  2. Setelah membuat keputusan jenis bisnisnya seperti apa, saatnya melakukan riset pasar. Sehingga Anda tahu seberapa ramaikah produk dan jasa tersebut di mata para pelanggan. Ini penting demi menjaga eksistensi produk. Bila ternyata peminatnya sedikit, sebaiknya ganti jenis usahanya dengan yang lain. Supaya Anda tidak sampai gulung tikar karena pelanggannya sepi.
  3. Selanjutnya jangan lupa hitung berapa banyak biayanya. Karena modal adalah masalah terbesar dimana sering dialami oleh sebagian besar orang. Sehingga jumlahnya perlu disiapkan sejak dini untuk menghindari masalah ketika mencoba bisnis tersebut dari nol. Setidaknya dengan persiapan modal yang matang membuat Anda lebih aman.
  4. Kemudian tetapkan lokasi usahanya. Jadi disini Anda tidak lagi perlu harus membeli atau bahkan menyewa tempat untuk mencoba bisnis kecil-kecilan itu. Maka Anda dapat memanfaatkan trend penjualan yang sedang hits saat ini, yaitu sistem delivery order sehingga tidak butuh lokasi karena bisa dijalankan dari rumah.
  5. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya manfaatkan skill Anda dengan baik. Jadi cobalah berbisnis dari apa yang memang sudah dikuasai dari awal. Karena bila Anda hanya coba-coba saja dalam berbisnis akan membuat Anda kesulitan untuk menguasai pangsa pasar dan hasilnya juga tidak optimal penjualannya.

Baca Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Keuntungan Menjalankan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan

Meski usahanya kecil, namun tidak berarti bila hasilnya juga demikian. Bahkan banyak usaha kecil yang ternyata keuntungannya cukup menjanjikan. Maka dari itu jangan pernah memandang sebelah mata usaha mikro. Dibawah ini merupakan sejumlah keuntungan bila menjalankan bisnis mikro, yaitu:

  1. Bisnis kecil-kecilan itu tentunya lebih mudah dijalankan daripada langsung menjalankan usaha besar-besaran. Karena usaha mikro itu umumnya dijalankan oleh orang dengan jumlah sedikit sehingga lebih fleksibel cara kerjanya. Itu saja untuk skill yang dibutuhkan juga tidak harus profesional jadi lebih mudah.
  2. Karena namanya saja kecil-kecilan, otomatis dana yang dibutuhkan juga tidak banyak. Sehingga hal ini membuat siapa saja bisa mendapatkan kesempatan untuk menghasilkan banyak uang meski modalnya masih terbatas. Jadi itu cocok sekali untuk Anda yang ingin berbisnis tapi masih belum siap modalnya.
  3. Ruang lingkup pemasaran bisnis kecil-kecilan itu lebih mudah. Karena umumnya dapat dijual diaman saja di sekitar rumah hanya dengan bermodalkan kepercayaan saja dari konsumen. Sehingga peluang keuntungannya sangat menarik sekali dibandingkan langsung membuka usaha besar-besaran dengan ruang lingkupnya lebih luas.
  4. Perputaran arus kas penjualan bisnis kecil-kecilan itu lebih cepat daripada usaha yang langsung besar. Karena umumnya bahan yang dijual dan proses cara kerjanya itu lebih sederhana sehingga hal ini membuat proses perputaran keuangannya juga semakin simple dan cepat.
  5. Kegiatan promosi penjualan dari usaha kecil-kecilan itu lebih praktis. Karena target pasarnya masih terbatas, sehingga pelaku usahanya bisa menjangkau target pasar yang cukup banyak meski hanya bermodalkan media sosial saja. Itu saja sudah cukup membantu menambah penjualan Anda.
  6. Poin terakhir paling dinanti setiap pebisnis kecil-kecilan adalah risikonya. Mengingat modalnya kecil, otomatis bila terjadi kegagalan maka kerugian pelaku usaha juga tidak besar. Sehingga itu membuat orang-orang lebih berani mencoba membuka usaha tersebut karena minim risiko namun omsetnya menjanjikan.

Baca tentang Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Contoh Usaha Modal Kecil Omsetnya Menjanjikan

Ternyata banyak fakta membuktikan bahwa pengusaha sukses selalu diawali dengan bisnis kecil-kecilan. Jadi jangan ragu untuk mencoba usaha mikro ini karena dengan ketekunan dan kesabaran Anda bisa membuat bisnis tersebut berkembang lebih besar. Berikut adalah contoh usaha kecil menggiurkan omset penjualannya, antara lain:

  1. Bisnis pembayaran tagihan sekarang ini sedang diperlukan masyarakat. Karena saat memakai jasanya, itu membuat para konsumen tidak perlu mengantre untuk melakukan pembayaran tagihan ke kantor tempat bersangkutan. Maka dari itu dengan pangsa pasar lebih luas dan besar, bisnis ini bisa menjadi contoh usaha kecil cukup menjanjikan.
  2. Bisnis kecil-kecilan dengan modal awal minim adalah berjualan warung kopi. Ini cocok sekali untuk Anda dengan memiliki halaman luas di rumah dan lokasinya berada di pinggir jalan dekat dengan fasilitas umum. Karena dengan bermodalkan minuman kemasan dan kopi saja itu sudah bisa berbisnis warung kopi.

Jadi jangan dikira bila usaha kecil-kecilan itu tidak ada omsetnya. Justru bila dikerjakan dengan serius bisa menghasilkan penjualan dan keuntungan besar. Salah satu contoh usaha kecil-kecilan selain beberapa bisnis di atas adalah berjualan madu. Karena madu merupakan suplemen kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Sehingga peluang keuntungannya menjadi lebih terbuka lebar jika Anda membandingkannya dengan bisnis yang lainnya. Bahkan dengan bermodalkan jaringan internet dan juga jaringan media sosial, Anda berpeluang meraih banyak keuntungan dengan berjualan madu. Namun tentunya sebaiknya jual produk madu yang memang berkualitas supaya tidak menimbulkan kekecewaan terhadap konsumen.