Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing – Banyaknya kompetitor membuat sebagian besar orang terkadang menjadi ragu untuk membuka sebuah usaha tertentu. Padahal sebenarnya justru dengan adanya kompetitor membuat seseorang lebih tertantang dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun bila Anda belum siap, maka bisa mencoba berbisnis yang pesaingnya masih sedikit dulu supaya risikonya kecil.

Tips Memilih Bisnis yang Kompetitornya Minim

Hampir sebagian besar orang yang mulanya sudah siap modalnya namun kemudian takut untuk melangkah mencoba bisnis baru karena banyaknya persaingan bisnis yang semakin sengit. Padahal sebenarnya ada trik tersendiri untuk membuat Anda bisa mendapatkan ide bisnis yang kompetitornya masih minim. Berikut adalah tips memilih bisnis!

  1. Meski sekarang jumlah pesaing bisnis semakin banyak sepanjang waktu, namun bukan berarti sudah tidak ada celah untuk mencoba membuka sebuah usaha tertentu. Maka dari itu di tengah persaingan yang semakin ketat, sebaiknya pilih bisnis sesuai passion sehingga Anda benar-benar menguasainya dengan baik agar maksimal keuntungannya.
  2. Ketika sudah menentukan bisnis tertentu, tidak ada salahnya bila memperkenalkan produk Anda kepada teman-teman atau orang-orang di sekitar. Karena itu akan menjadi salah satu cara paling sederhana untuk mendapatkan calon pelanggan dan mitra bisnis dari orang yang terdekat dulu. Sehingga peluang keberhasilan bisnis lebih tinggi.
  3. Supaya lebih aman dan terhindar dari persaingan sengit dalam sebuah bisnis, sebaiknya jangan pernah memakai pihak ketiga khususnya bila ingin mempromosikan usaha Anda. Ini penting sekali bagi pebisnis pemula karena biasanya pihak ketiga hanya sebagai agen sehingga harga jasanya mahal dan hasilnya belum tentu sesuai.
  4. Membuat skala prioritas ketika akan menjalankan sebuah bisnis itu penting sekali karena erat kaitannya dengan pengelolaan keuangan usaha Anda. Itulah sebabnya supaya perkembangan bisnis semakin meningkat, Anda harus membuat rincian pengeluaran dan pemasukan dengan ketat. Salah satunya dengan membuat skala prioritas pengeluaran bisnis Anda.
  5. Meski Anda sudah menetapkan pilihan bisnisnya, sebaiknya jangan langsung mengajukan pinjaman uang di bank. Tidak ada salahnya memulai bisnis dengan modal paling kecil dulu supaya risikonya juga kecil. Karena bila belum memiliki pangsa pasar namun sudah mengajukan pinjaman akan membuat Anda berisiko terlilit hutang.

Baca juga tentang Usaha Rumahan Modal 50 Ribu.

Keuntungan Bisnis dengan Persaingan Minim

Tentunya ada banyak keuntungan pasti akan diperoleh oleh pelaku bisnis pemula bila berhasil menemukan usaha dengan jumlah kompetitor sedikit. Maka dari itu jangan pernah takut untuk membuka usaha baru meski modalnya terbatas. Karena berikut adalah keuntungan menjalankan bisnis dengan kompetitornya sedikit, antara lain:

  1. Bisnis dengan tingkat persaingannya kecil membuat Anda mendapatkan risiko bisnis lebih aman. Mengingat belum banyak orang melirik usaha tersebut, sehingga hal ini akan membantu Anda bisa menjalankan usaha lebih leluasa. Karena jumlah kompetitornya sedikit dan konsumen hanya bisa menemukan usaha tersebut di tempat Anda saja.
  2. Dengan menjalankan bisnis dimana masih belum banyak pesaingnya membuat seseorang lebih inovatif dalam berbisnis. Karena mereka pasti akan berusaha untuk menciptakan inovasi terbaru supaya para kompetitor lainnya semakin tertinggal jauh. Sehingga mereka lebih terdorong untuk menemukan ide baru yang lebih fresh.
  3. Memilih bisnis dengan jumlah kompetitornya sedikit membuat seseorang lebih terdorong untuk meningkatkan fasilitas pendukungnya kepada para pelanggan. Karena menjalankan bisnis yang belum terlalu dikenal itu tentunya memberikan poin plus tersendiri. Sehingga itu memudahkan Anda dalam meningkatkan pelayanan untuk menarik lebih banyak pelanggan lagi.
  4. Motivasi tinggi akan semakin tercipta ketika Anda menjalankan bisnis dengan pesaingnya masih sedikit. Karena perasaan was-was selalu muncul ketika menjalankan sebuah ide, sehingga hal ini membuat pelaku usaha semakin giat untuk mencegah bila ada pesaing baru tiba-tiba muncul dengan cara meningkatkan kualitas produknya.

Ide Peluang Usaha Modal Minim Pesaingnya Sedikit

Setelah mengetahui kenapa harus mencoba usaha yang saingannya sedikit dilihat dari keuntungan dan bagaimana cara menemukan usahanya tersebut, saatnya untuk segera mempraktekkannya. Karena rasanya belum lengkap bila tidak segera mencoba membuka usaha tersebut. Berikut adalah contoh ide usaha yang tingkat persaingannya masih kecil, antara lain:

  1. Berbisnis daur ulang adalah salah satu contoh peluang usaha yang masih terbuka lebar saat ini namun pesaingnya masih sedikit. Ini cocok sekali untuk Anda yang menerapkan moto Go Green. Untuk prosesnya ada banyak yang bisa dicoba seperti membuat benda miniatur, tas, hiasan dingin, dan masih banyak lainnya.
  2. Berbisnis barang antik juga bisa menjadi salah satu solusi untuk membuka usaha baru yang tingkat persaingannya masih tipis. Padahal sebenarnya ide ini sangat potensial sekali dan mampu menghasilkan banyak uang dalam sekali transaksi saja. Maka dari itu usaha ini patut dicoba untuk yang modalnya terbatas.
  3. Meski hampir setiap orang membuka usaha kuliner, namun ternyata tingkat persaingannya masih kecil bila Anda bisa menciptakan inovasi terbaru dari resep makanan atau minuman tertentu. Menariknya lagi adalah usaha ini tidak pernah ada matinya. Karena setiap orang butuh makan untuk hidup.
  4. Berbisnis jamur tiram juga bisa menjadi solusi untuk mendapatkan uang dari usaha yang saingannya sedikit. Bahan makanan ini memiliki pasar yang cukup luas namun kompetitornya sedikit. Itu karena lokasi untuk membudidayakan jamur butuh tempat yang luas.
  5. Usaha lain yang tingkat persaingannya kecil adalah berjualan madu. Kita semua tahu bahwa madu menjadi salah satu suplemen kesehatan yang dilirik oleh semua orang. Karena khasiatnya tidak perlu diragukan lagi sehingga akan sangat cocok dijadikan sebagai ide usaha untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Baca tentang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan.

Jadi untuk menjalankan sebuah usaha yang kompetitornya masih sedikit itu tidak harus menyiapkan modal besar dulu. Anda bisa memulainya dari usaha kecil-kecilan dan kemudian mempromosikannya secara online. Dengan begitu, hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pasar yang lebih luas demi mendukung penjualan produk.