Begini Peluang Bisnis Service AC Jakarta

Begini Peluang Bisnis Service AC Jakarta

  • Post author:
  • Post category:Bisnis

Peluang bisnis jasa service AC Jakarta Pusat masih sangat menjanjikan. Pasalnya para penyedia jasa ini cenderung kesulitan mengatur waktu untuk melayani pelanggannya. Beberapa pelanggan bahkan terpaksa masuk dalam daftar tunggu. Inilah mengapa akan sangat disayangkan sekali bila peluang bisnis yang satu ini tidak dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja.

Modal Awal Bisnis Service AC Jakarta

Seperti yang diketahui, saat ini sebagian besar ruang perkantoran telah dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC. Bukan cuma perkantoran saja, perangkat yang satu ini juga telah semakin banyak terpasang di ruang-ruang hunian tempat tinggal.

Seiring peningkatan kepemilikan AC ini, meningkat pula kebutuhan untuk service AC. Berikut ini akan dijabarkan kebutuhan modal awal bisnis service AC Jakarta.

Perhitungan Kebutuhan Modal Awal Untuk Memulai Bisnis Service AC Jakarta

Berbeda dengan perangkat elektronik lainnya, seperti televisi, kulkas dan mesin cuci, setelah unit AC terjual dan terpasang, maka kebutuhan rutin akan jasa servis akan terus mengikuti. Sebagai bagian dari perawatan, AC perlu dibersihkan minimal empat bulan sekali. Kondisi inilah yang akhirnya memunculkan peluang bisnis menggarap pasar service AC secara khusus.

Sebelum menjalankan bisnis perbaikan AC, ada baiknya para pelaku usaha memulainya dengan usaha cuci AC terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sebagai awalan para pelaku usaha di bidang ini, harus mengetahui seluruh seluk beluk cuci AC. Cuci AC sendiri akan menjadi pekerjaan yang paling sering dilakukan, karena setiap 3 bulan sekali AC harus rutin dicuci. Baru setelah itu kemudian naik tingkat mengambil pemasangan, perbaikan, hingga ke penjualan AC.

Adapun perhitungan kebutuhan modal awal untuk memulai bisnis ini adalah Rp 9.500.000 yang dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama untuk  pengadaan alat seperti mesin jet pump dan hose, toolbox, tangga, plastik service AC, manifold, juga freon. Sementara sisanya dijadikan sebagai dana operasional untuk biaya promosi, gaji teknisi dan helper, beli pulsa dan bensin, serta dana darurat.

Perlu diketahui sebuah tempat usaha jasa service AC Jakarta memiliki total omset mencapai Rp 21.500.000 per bulannya. Dari sini dapat diperkirakan berapa besaran laba dari bisnis yang satu ini.

Sekarang dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis perbaikan AC ini memang benar-benar menjanjikan. Bagaimana? Tertarik memulai bisnis yang satu ini?