Tips Budidaya Udang Ronggeng Mudah

Tips Budidaya Udang Ronggeng Mudah

Budidaya udang ronggeng dapat anda lirik sebagai salah satu bidang usaha saat ini. Kandungan nutrisi tinggi dengan harga pasaran melambung menjadi alasan utama mengapa anda wajib mencoba budidaya tersebut. Berikut adalah panduan cara ternak udang ronggeng.

1. Persiapan Budidaya

Memilih lokasi sangat penting, yaitu pada perairan laut yang tidak dalam. Sebagai hewan nocturnal, maka pastikan lokasi budidaya sedikit berlumpur dan berkarang, dengan kondisi air bersih. Hindari memilih lokasi terlalu ramai, pilih lokasi mudah akses supaya mempermudah proses perawatan. Gunakan jaring sebagai media budidaya untuk mengurangi resiko kematian dalam proses budidaya udang ronggeng.

Tips Budidaya Udang Ronggeng Mudah

2. Tips Memilih Bibit untuk Budidaya Udang Ronggeng

Siapkan bibit khusus udang ronggeng unggulan dan berkualitas. Cari bibit ke penjualan bibit atau cari sendiri di laut, walaupun alternatif tersebut tidak tergolong praktis. Bibit ronggeng berkualitas, berukuran 10-12cm, tidak sedang sakit, bibit aktif dan lincah. Tebarkan seluruh bibit pada jaring, tidak usah banyak-banyak. Pastikan jaring sesuai kapasitas supaya tidak gampang mati.

3. Tips Merawat Bibit Udang Ronggeng

Dilansir dari Suksespedia, perawatan udang ronggeng terbilang sederhana, yaitu dengan menggunakan jaring, pembatas, dan pelampung. Pastikan area budidaya jauh dari kepiting atau hewan predator lainnya. Udang ronggeng bersifat kanibal, dan beri pakan ikan rucah yang sudah anda cincang kasar.

Tebarkan ikan rucah tiap pagi dan sore, atau beri ikan kecil yang banyak. Agar tidak ada penyakit atau hama menyerang, obati dengan karantina udang yang sedang sakit.

4 Panen Udang Ronggeng

Tips Budidaya Udang Ronggeng Mudah

Proses panen terbilang mudah karena anda tinggal mengangkat jaring sedikit. Letakkan udang ronggeng hasil panen pada ember untuk anda sortir sesuai ukuran dan bobot.

Gunakan es batu yang telah anda hancurkan, lalu masukkan dalam styrofoam. Tambahkan garam 10 menit. Jika udang tampak tidak bergerak, masukkan pada kotak styrofoam yang sudah anda beri es, lalu timbun udang ronggeng menggunakan es batu, dan tutup kotaknya.

Cara ini terbilang ampuh jika anda ingin menjual hasil panen budidaya udang ronggeng sampai ke luar kota.

 

Itulah informasi penting tentang cara ternak udang ronggeng dan selamat mencoba!