Pentingnya Mengenal dan Memahami Tanda Baca Alquran

Pentingnya Mengenal dan Memahami Tanda Baca Alquran

  • Post author:
  • Post category:Agama

Pengertian Al-Quran dan hadits merupakan sumber utama bagi umat muslim untuk menjalani kehidupannya di dunia. Ketika memegang Al-Quran anda harus berada dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun besar. Setiap muslim diwajibkan untuk selalu membaca kitab suci al quran sebagai tuntunan hidup di dunia. Membaca alquran akan mendapatkan pahala dari Allah SWT karena melakukan kebaikan, selain itu membaca al quran juga termasuk ibadah kepada sang pencipta.

Tak heran jika sejak kita masih kecil sudah diajarkan membaca alquran yang dimulai dari iqro terlebih dahulu. Membaca iqro membantu kita untuk mengenal lebih baik tentang huruf hijaiyah secara mudah. Dengan mengenali huruf hijaiyah maka diharapkan setiap muslim akan lebih mudah mempelajari alquran.

Saat membaca Alquran, sebaiknya anda memperhatikan, mengenal dan memahami tanda baca alquran. Tanda baca alquran juga sering disebut sebagai harakat, yang digunakan untuk membunyikan huruf hijaiyah di Al Quran.

Abjad arab pada dasarnya adalah abjad yang murni atau konsonan. Harakat digunakan dalam penulisan abjad hijaiyah untuk mempermudah umat manusia mempelajarinya. Harakat juga digunakan untuk penekanan dari kata tertentu demi menghindari kesalahan saat membacanya. Adanya harakat sangat membantu orang awam untuk mempelajari Alquran dengan mudah.

Di indonesia huruf hijaiyah bisa diibaratkan dengan huruf konsonan. Tanda baca Alquran bisa juga diibaratkan sebagai huruf vokal a,i,u,e,o. Tanda baca Alquran membantu orang awam menentukan pengucapan yang benar. Ada beberapa tanda baca Alquran yang memiliki fungsi masing-masing pada pengucapannya, seperti:

 

  • Fathah

Fathah merupakan tanda baca pada al quran yang berbentuk garis miring berada pada atas huruf hijaiyah. Fathah melambangkan bunyi “a”, ketika berada dalam huruf hijaiyah maka bunyi huruf tersebut akan berbunyi “a”

  • Kasrah

Kasrah merupakan tanda baca al quran yang berbentuk garis yang berada pada bawah huruf hijaiyah. Kasrah melambangkan bunyi “i”. Misalnya huruf hijaiyah yang berbunyi “ba” maka jika diberi kasrah maka akan berbunyi “bi”

  • Dammah

Dammah adalah tanda baca alquran yang berbentuk huruf hijaiyah wau kecil yang berada pada suatu huruf hijaiyah. Tanda baca ini melambangkan bunyi “u”, misal huruf “ba” diberi harakat dammah maka akan berbunyi “bu”

  • Sukun

Sukun adalah huruf harakat yang melambangkan huruf mati, semisal huruf “ba” yang diikuti huruf “dal” yang berharakat sukun maka akan berbunyi “bad”

  • Tasydid

Tasydid adalah harakat yang memiliki bentuk mirip dengan huruf sin yang diletakkan di atas huruf hijaiyah. Tasydid melambangkan penekanan pada huruf hijaiyah yang ditulis dengan digabung.

  • Tanwin

Tanwin merupakan harakat yang menegaskan huruf hijaiyah akhir diucapkan seperti bertemu huruf nun mati. Harakat ini biasanya ditulis dengan harakat yang lain, seperti kasrah, fathah , dan lainnya.

  • Harakat Panjang

Harakat panjang sering digunakan dalam bacaan yang dipanjangkan. Harakat panjang dibagi menjadi dua jenis, yang pertama harakat yang berasal dari tanda baca hidup sedangkan yang kedua berasal dari tanda baca yang disimbolkan.

  • Fathatain

Tanda baca ini untuk menyatakan bahwa huruf hijaiyah pada akhir kata diucapkan dengan harakat fathah namun dibaca dengan bertemu dengan nun mati.

  • Kasratain

Harakat atau tanda baca ini berfungsi untuk menyatakan bahwa huruf akhir kata yang diucapkan dengan kasrah tetapi dibaca seperti bertemu dengan nun mati atau berakhir “n”

  • Dhammatain

Tanda baca ini untuk menegaskan bahwa huruf hijaiyah yang berada pada akhir kata diucapkan layaknya dhammah yang bertemu dengan nun mati.

 

Untuk belajar memahami tanda baca alquran yang baik dan benar, Anda bisa mencari guru ngaji online maupun offline salah satunya adalah lembaga Cendekia Privat yang melayani wilayah Jabodetabek dan Bandung serta Surabaya. Saat ini Anda bisa belajar mengaji alquran online kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang jarak dan waktu dengan aplikasi zoom dan video call lainnya.